Sabtu, 15 Juni 2013

Pandangan Mengambar Amerika dan Eropa

Dalam membaca gambar teknik seringkali kita kebingungan akan perbedaan proyeksi amerika dan proyeksi eropa. Di bawah ini saya akan jelaskan perbedaan diantara keduanya.

  1. Proyeksi Amerika
Proyeksi amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga atau proyeksi kwadran III, , perbedaan istilah ini tergantung dari masing-masing pengarang yang menjadi refernsi. Proyekasi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.
Image
Proyeksi amerika merupakan proyeksi yang mudah dipahami, karena tata letaknya sama dengan  arah pandang kita, dan proyeksi inilah yang saya pakai di setiap gambar yang saya buat. :)
  1. Proyeksi Eropa
Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kkwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya. Coba kita perhatikan kembali gambar dibawah ini, dengan model yang sama kita proyeksikan gambar tersebut kedalam proyeksi eropa.
Image
Pada gambar diatas tata letak proyeksi terbalik dengan arah pandang kita, tapi bila kita sudah memahami proyeksi amerika, membaca gambar dengan proyeksi eropa tidak begitu sulit, karena kita hanya menukar posisi saja….  :)
Biasanya dalam sebuah gambar teknik, untuk mengetahui gambar yang disajiakan apakah proyeksi amerika atau proyeksi eropa ditandai oleh sebuah simbol yang ditaruh di etiket gambar. Berikut adalah simbol untuk masing-masing proyeksi.

Image 
Untuk lebih memahami silahkan lihat video berikut ini.


0 komentar:

Poskan Komentar